PUNCAK CIREMAI

PUNCAK CIREMAI

Kamis, 19 April 2012

pengertian ekologi


1.Pengertian ekologi
Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos (“habitat”) dan logos (“ilmu”). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.
2. hubungan ekologi dengan ilmu alam
  1. Ilmu Fisika berperan karena dalam ekologi faktor fisik seperti: sinar matahari, perubahan suhu, daya serap tanah, hujan dan lain-lain terlibat.
  2. Ilmu Kimia berperan karena dalam ekologi proses kimia seperti sintesis dan analisis kimiawi dalam tubuh dan di luar tubuh, makhluk hidup merupakan bagian yang penting.
  3. Ilmu Bumi dan Antariksa juga berperan karena ekologi berkaitan dengan berbagai proses yang dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa siang-malam, musim kemarau dan musim hujan, musim panas-gugur-salju-dan semi, gravitasi, endapan aluvial, vulkanik, erosi, abrasi, sedimentasi, marin, dan lain-lain.
3.hubungan ekologi dengan ilmu social.
Ekologi merupakan disiplin baru dari biologi yang merupakan mata rantai fisik serta proses biologi yang menjembatani antara ilmu alam dan ilmu sosial.
dimana setiap orang dituntut untuk hemat dalam penggunaan sumber daya, hemat energi, dan dapat mengurangi pencemaran tanah, air, udara, yang merupakan masalah lingkungan sedunia (globalisasi lingkungan)
4.hubungan ekologi dengan ilmu agama islam.
Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk yang memiliki banyak keistimewaan dibanding dengan makhluk   lainnya. Manusia dibekali dengan kelebihan akal dan pikiran.
Manusia sebagai bagian dari alam semesta dan berbekal akal dan pikirannya saat ini
sebagian  telah  menjadi  monster  bagi  dirinya  sendiri,  makhluk  lain  dan  lingkungannya.
Kegiatan-kegiatan untuk mensejahterakan dirinya justru menjadi malapetaka.
 Penggunaan pestisida  untuk  meningkatkan  hasil  panen  meninggalkan  residu  yang  karsinogenik  dan membunuh banyak mahluk hidup lain bukan sasaran, penebangan hutan, penggunaan unsur radioaktif , penggunaan bahan-bahan kosmetik, pengharum, pembangunan industi, pembangunan perumahan dan lain-lain justru menjadi boomerang bagi manusia itu sendiri.
Menguasai Saintek dan knowledge bagi manusia adalah merupakan kewajiban, tetapi
pengetahuan  dan  ilmu  tersebut  harus  benar-benar  diperuntukan  bagi  kesejahteraan  alam
semesta beserta isinya.   Terjadinya bencana alam akhir-akhir ini hanyalah bentuk peringatan Tuhan bagi umat manusia agar manusia kembali ke jalan yang benar.
Q.S. Ar Ruum ayat 41 Telah  nampak  kerusakan  di  darat  dan  di  laut  akibat  perbuatan  tangan  manusia,  Allah menunjukkan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka agar mereka kembali ke jalan yang benar
Maka aplikasi ilmu ekologi dengan prinsip-prisip dasarnya apabila   dipergunakan secara
benar dan bertanggungjawab sebenarnya dapat memperbaiki segala kerusakan yang telah
terjadi dan mencegah terulangnya peristiwa-peristiwa yang sangat tidak diinginkan
.
Ekologi  memandang  mahluk  hidup  sesuai  dengan  perannya  masing-masing  dan memandang individu dalam species menjadi salah satu unsur terkecil di alam. Semua mahluk hidup  di  alam  memiliki  peran  yang  berbeda  dalam  menyusun  keharmonisan  irama keseimbangan sebagaimana firman Tuhan dalam Q.S Al Hijr ayat 19 -21:
Kami telah hamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan
segala  sesuatu  menurut  ukuran.  Dan  Kami  telah  jadikan  untukmu  di  bumi  keperluan-
keperluan hidup, dan Kami ciptakan pula makhluk-makhluk yang kamu sekali-sekali bukan
pemberi  rizki  kepadanya.  Dan  tidak  ada  sesuatupun  melainkan  kepada  sisi  Kami-lah
khasanahnya dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu
5.kenapa semakin tinggi permukaan tanah, suhu, dan kadar oksigennya semakin rendah?

Karena pada permukaan yang tinggi seperti daerah pegunungan pantulan sinar matahari yang menyentuh ke permukaan bumi semakin berkurang karena banyaknya  pohon sehinnga efek  yang di timbulkan dari pantulan sinar matahari  tadi sedikit dan  mengakibatkan suhu semakin rendah, Berbeda dengan permukaan tanah yang rendah pantulan sinar matahari dapat kita rasakan secara langsung sehingga suhunya lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar