PUNCAK CIREMAI

PUNCAK CIREMAI

Minggu, 27 Mei 2012

Populasi lansia

POPULASI LANSIA

Gerontologi adalah ilmu yang mempelajari segala aspek yang berhubungan dengan masalah lanjut usia atau dapat diartikan pula sebagai suatu pendekatan ilmiah dari berbagai aspek. proses penuaan ditinjau dari segi kesehatan, sosial,ekonomi, perilaku hukum lingkungan dll.
Seharusnya bahwa tujuan hidup manusia adalah menjadi tua tetapi tetap sehat (healthy aging). Tujuan Geriatri atau Gerontologiadalah mewujudkan healthy aging tersebut dengan jalan melaksakan P4 dibidang kesehatan, yaitu:
  1. Peningkatan mutu kesehatan ( promotion )
  2. Pencegahan penyakit ( Prevention )
  3. Pengobatan penyakit ( Curing )
  4. pemulihan kesehatan ( rehabilitation )
 Dilihat dari data bahwa indonesia mengalami peningkatan populasi penduduk lansia yang amat pesat dari 4,48 % pada tahun 1971 (5,3 juta jiwa) menjadi 9,77 % pada tahun 2010 (23,9 juta jiwa) bahkan pada tahun 2020 diperkirakan akan terjadi ledakan jumlah penduduk lansia sebesar 11,34 %  atau sebesar 28,8 juta jiwa.
Fenomena terjadinya peningkatan jumlah penduduk lansia disebabkan oleh penurunan angka fertilitas penduduk, perbaikan status kesehatan dan status transisi epidemiologi, dan peningkatan usia harapan hidup (UHH), serta perubahan gaya hidup.
peningkatan jumlah lansia mempengaruhi aspek kehidupan mereka, antara lain perubahan-perubahan fisik, biologis, psikologis, sosial dengan muncul penyakit degeneratif akibat proses penuaan tersebut.
fatimah (2010) Gizi usia lanjut. Erlangga. jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar