PUNCAK CIREMAI

PUNCAK CIREMAI

Jumat, 18 Mei 2012


KEGIATAN PENGAMATAN INTERAKSI ANTAR SPESIES ANGGOTA POPULASI
Secara teori, spesies-spesies anggota populasi saling berinteraksi satu dengan lainnya dan membentuk interaksi yang positif, negatif, nol atau kombinasi. Bermacam-macam tipe interaksi yang disebut simbiosis pada kenyataannya meliputi interaksi mutualisme, parasitisme, dan komensalisme. Istilah simbiosis berarti hidup bersama dan ini mencakup semua efek dari satu organisme pada organisme lainnya yang timbul karena tipe interaksi tersebut.
1.       Neutralisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang masing-masing tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi. Tipe ini diberi lambang ( 0 0 ).
2.       Kompetisi
a.       Tipe gangguan langsung, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang masing-masing langsung saling menghalangi secara aktif. Tipe ini diberi lambang ( - - ).
b.      Tipe penggunaan sumber daya alam, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies dalam menggunakan sumber daya alam yang persediaannya berada dalam kondisi kekurangan. Dalam interaksi tersebut, masing-masing spesies berpengaruh saling merugikan yang lain dalam perjuangannya untuk memperoleh sumber daya alam. Tipe ini diberi lambang ( - - ).
3.       Amensalisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang berakibat salah satu pihak dirugikan (mendapat rintangan), sedangkan pihak lainnya tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi. Tipe ini diberi lambang ( - 0 ).
4.       Parasitisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang berakibat salah satu pihak (inang) dirugikan, sedangkan pihak lainnya (parasit) beruntung. Tipe ini diberi lambang ( - + ).
5.       Predasi atau pemangsaan, interaksi antara dua atau lebih spesies yang salah satu pihak (prey atau organisme yang dimangsa) dirugikan, sedangkan pihak lainnya (predator) beruntung. Tipe ini diberi lambang ( - + ).
6.       Komensalisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang salah satu pihak beuntung, sedangkan pihak lainnya tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi. Tipe ini diberi lambang ( + 0 ).
7.       Mutualisme, yaitu interaksi antara dua atau lebih spesies yang masing-masing memperoleh keuntungan dengan adanya asosiasi, masing-masing spesies memang saling membutuhkan dan merupakan suatu keharusan untuk berasosiasi. Tipe ini diberi lambang ( + + ).
Kegiatan Pengamatan ini dilakukan di tempat yang telah ditentukan oleh masing-masing kelompok berdasarkan peta ekologi yang telah dibuat. Selanjutnya hasil pengamatan dilaporkan secara tertulis dalam bentuk paper /makalah, di dalamnya terdapat landasan teori, waktu dan tempat, lembar hasil pengamatan, Pembahasan, kesimpulan dan penutup, daftar pustaka. Adapun waktu pelaksanaan dapat dilakukan pada minggu kedua bulan Mei 2012. Laporan sudah diserahkan pada minggu ketiga bulan Mei 2012.
Tabel Pengamatan Tipe-tipe Interaksi dan Sifat Umum dari Spesies Anggota Populasi yang Berinteraksi
No
Tipe Interaksi
Lambang Spesies
Sifat Umum dari Interaksi
1
2
1.
Mutualisme
+
+
Dijelaskan bagaimana sifat interaksi




antar spesies, dapat lebih dari satu




macam contoh untuk tiap tipe interaksi




berdasarkan pengamatan pada lokasi




masing-masing kelompok.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar